Metode IlmiahPosted in 07:02 Metode ilmiah merupakan suatu prosedur yang mencakup berbagai tindakan pikiran, pola kerja, cara teknis, dan tata langkah untuk memperoleh pengetahuan baru/ pengembangan pengetahuan yang telah ada. Metode adalah langkah-langkah yang diambil menurut urutan tertentu, untuk mencapai pengetahuan yang benar, yaitu sesuatu tatacara, teknik, atau jalan yang telah dirancang dan dipakai dalam proses memperoleh pengetahuan jenis apapun, baik pengetahaun humanistik,dan historis, ataupun pengetahuan filsafat dan ilmiah, mengemukakan bahwa setiap ilmu mempunyai metode berlainan untuk menyelidiki, melukiskan, mengerti realitas. Penentuan metode dan teknik menganalisis data juga akan menentukan hasil dari sebuah penelitian. Metode harus dibedakan dari teknik. Dalam ilmu linguistik, metode penelitian berkisar pada dua metode besar, yaitu metode padan dan agih. Sementara tekniknya ada bermacam-macam. Tidak semua metode perlu dan relevan untuk digunakan dalam menganalisa data penelitian. Oleh karena itu, peneliti perlu berhati-hati dalam menentukan metode dan teknik analisanya. Data penelitian yang diperoleh harus benar-benar dicermati perilakunya. Unsur utama metode ilmiah adalah pengulangan empat langkah berikut: 1. Karakterisasi (observasi dan pengukuran) 2. Hipotesis (penjelasan teoretis yang merupakan dugaan atas hasil observasi dan pengukuran) 3. Prediksi (deduksi logis dari hipotesis) 4. Eksperimen (pengujian atas semua hal di atas Metode ilmiah bergantung pada karakterisasi yang cermat atas subjek investigasi. Dalam proses karakterisasi, ilmuwan mengidentifikasi sifat-sifat utama yang relevan yang dimiliki oleh subjek yang diteliti. Selain itu, proses ini juga dapat melibatkan proses penentuan (definisi) dan observasi; observasi yang dimaksud seringkali memerlukan pengukuran dan/atau perhitungan yang cermat. Supaya suatu metode yang digunakan dalam penelitian disebut metode ilmiah, maka metode tersebut harus mempunyai kriteria sebagai berikut: 1. Berdasarkan fakta. 2. Bebas dari prasangka (bias) 3. Menggunakan prinsip-prinsip analisa. 4. Menggunakan hipotesa 5. Menggunakah ukuran objektif. 6. Menggunakan teknik kuantifikasi. |
Memahami Struktur Karya Tulis Ilmiah
Oleh: R.S. KurniaMenulis makalah? Wah, susah banget! Tapi itulah yang sebenarnya menjadi bagian dari kehidupan akademis di sekolahan maupun di kuliahan. Ya, penulisan makalah sebagai salah satu bentuk karya tulis ilmiah memang sudah disosialisasikan bahkan sejak di bangku sekolah dasar lewat tugas-tugas seperti kliping.
Bagi sebagian besar, tugas menulis karya ilmiah, baik dalam bentuk makalah maupun skripsi, tampaknya menjadi tugas yang berat. Pemilihan topik penelitian, judul makalah, sampai penentuan teori menjadi bagian yang dianggap susah dikerjakan. Tidak heran ketika makalah atau skripsi disusun, beragam perbaikan harus dikerjakan oleh penulisnya.
Memahami struktur sebuah karya ilmiah bisa menjadi cara yang akan menolong penulis dalam menyajikan karya tulisnya. Bila sudah mengenal masing-masing aspeknya, sedikit banyak akan melapangkan alur pemikiran penulis.
Secara umum, sebuah karya tulis ilmiah terbagi dalam tiga bagian besar. Bagian yang dimaksud ialah pendahuluan, isi, dan pembahasan. Meskipun ketiganya merupakan inti dari sebuah karya, tentu saja masih dibutuhkan penyemarak lain, yaitu prakata (bedakan dengan kata pengantar!), daftar isi, daftar tabel/skema, bibliografi, dan lampiran. Tentu saja kelengkapan-kelengkapan tersebut tidak semuanya mutlak disertakan. Masing-masing akan dijelaskan di bawah ini.
PENDAHULUAN
Seperti namanya, bagian ini memberikan gambaran mengenai topik penelitian yang hendak disajikan. Aspek-aspek yang biasa disertakan pada bagian ini diuraikan secara sederhana di bawah ini.
- Latar belakang masalah
Pada bagian ini, penulis harus menguraikan apa yang menjadi ketertarikannya pada objek yang diteliti. Oleh karena itu, kepekaan untuk memerhatikan fenomena-fenomena yang mutakhir di bidang yang sedang ditekuni menjadi kebutuhan. Tidak jarang, sebuah makalah atau skripsi mendapat sambutan hangat karena membahas topik-topik yang sedang hangat.
Satu aspek lain yang perlu dikemukakan pada bagian ini ialah tinjauan pustaka. Peneliti perlu menyertakan beberapa penelitian yang relevan dengan topik yang dikerjakan. Hal ini dilakukan agar memperjelas pembaca bahwa penelitian yang dilakukan bukan mengulangi berbagai penelitian lainnya.
- Masalah dan batasannya
Dari fenomena yang menarik perhatian, penulis harus secara eksplisit mengemukakan masalah yang hendak dibahas. Sebab pada bagian latar belakang, masalah yang hendak dibahas biasanya tidak dikemukakan secara eksplisit.
Meski demikian, masalah yang hendak dibahas atau diteliti itu masih harus dibatasi lagi. Hal ini dilakukan agar pembahasan tidak meluber luas kepada aspek-aspek yang jauh dari relevan. Selain itu, pembatasan masalah penelitian juga akan menolong dalam hal efektivitas penulisan karya ilmiah.
- Tujuan dan manfaat
Kemukakan tujuan dan manfaat penelitian yang dikerjakan. Sedapat mungkin dijabarkan keduanya, baik bagi lingkungan akademis maupun masyarakat secara umum.
- Metode dan Teknik Analisa
Penentuan metode dan teknik menganalisis data juga akan menentukan hasil dari sebuah penelitian. Metode harus dibedakan dari teknik. Mengenai keduanya, Sudaryanto (2001) menyebutkan bahwa metode merupakan cara yang harus dilaksanakan, sedangkan teknik merupakan cara melaksanakan metode. Sebagai cara, tambahnya, kejatian teknik ditentukan oleh adanya alat yang dipakai.
Dalam ilmu linguistik, metode penelitian berkisar pada dua metode besar, yaitu metode padan dan agih. Sementara tekniknya ada bermacam-macam. Tidak semua metode perlu dan relevan untuk digunakan dalam menganalisa data penelitian. Oleh karena itu, peneliti perlu berhati-hati dalam menentukan metode dan teknik analisanya. Data penelitian yang diperoleh harus benar-benar dicermati perilakunya.
- Landasan teori
Sebuah penelitian tentu perlu memiliki dasar teoritis yang kuat. Namun, penulis harus benar-benar teliti menentukan dasar teoritis yang akan mendukung pembedahan masalah. Biasanya, bila sudah mengerti perilaku data yang diperoleh, penentuan teori yang hendak dipakai akan lebih mudah.
ISI Setelah merampungkan bagian awal tadi, penelitian pun dapat dilanjutkan dengan lebih bergumul dengan data yang telah diperoleh. Sub dari bagian isi (biasa disebut juga subbab karena bagian isi umumnya dianggap sebagai bab yang mandiri) biasanya tergantung ruang lingkup masalah. Bila masalah yang hendak dibahas terdiri dari tiga butir, sub bagian isi bisa menjadi tiga. Jangan sampai empat apalagi lima, mengingat pada bagian isi, penulis harus melakukan analisa berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada bab pendahuluan.
PENUTUP
Sebagai penutup, pada bagian ini peneliti harus memberi simpulan dari hasil penelitiannya. Simpulan tersebut harus disajikan secara sederhana dan singkat. Tujuannya agar pembaca bisa lebih menangkap hasil penelitiannya secara ringkas.
Salah satu bagian yang tampaknya masih banyak digunakan sebagai sub-bagian dari penutup ialah saran. Sejumlah departemen pada sejumlah perguruan tinggi belakangan ini mulai menghapus bagian tersebut. Sederhananya, sebuah penelitian mensyaratkan sebuah penelitian lanjutan, entah untuk menyanggah atau menguatkan hasil penelitian terdahulu.
BIBLIOGRAFI
Bibliografi atau yang umumnya disebut sebagai daftar pustaka turut menjadi bagian yang penting. Asumsinya, sebuah penelitian ilmiah tentu akan menggunakan referensi-referensi pendukung. Tidak ada batasan minimal maupun maksimal dalam penggunaan referensi. Namun, ini bukan berarti bahwa peneliti bisa seenaknya mencantumkan referensi. Referensi yang terlalu sedikit bisa menandakan peneliti tidak banyak membaca literatur pendukung atau hasil penelitian terkait. Sementara bila terlalu banyak, bisa-bisa dicurigai hasil tulisannya didominasi oleh pendapat ahli daripada pendapat peneliti itu sendiri. Oleh karena itu, pemanfaatan referensi harus dilakukan sewajar dan seperlunya saja.
Tata cara penulisan bibliografi pun harus diperhatikan. Bedakan sumber referensi yang berasal dari buku dengan majalah dan surat kabar. Mengingat dunia internet saat ini pun menawarkan beragam hasil penelitian yang dengan mudah dapat diakses, peneliti dapat memanfaatkan sumber-sumber tersebut sebagai bahan referensi penelitiannya. Khusus untuk sumber referensi dari internet, saat ini disepakati bahwa tata cara penulisannya sebagai bibliografi diperlakukan seperti layaknya sebuah artikel.
MENGENAI ABSTRAK
Abstrak juga menjadi bagian penting lain yang perlu diperhatikan oleh peneliti. Abstrak merupakan suatu bagian uraian yang sangat singkat, jarang lebih panjang dari enam atau delapan baris, bertujuan untuk menerangkan kepada para pembaca aspek-aspek mana yang dibicarakan mengenai aspek-aspek itu (Keraf 1984).
MENGENAI PRAKATA
Salah kaprah sering terjadi pada bagian ini. Masih banyak yang memilih menggunakan kata pengantar daripada prakata. Perbedaan yang mendasar dari keduanya, kata pengantar ditulis oleh seseorang dalam rangka menyajikan karya tulis orang lain. Biasanya kata pengantar dipilih untuk memberi kesaksian yang menguatkan bagi pembaca, bahwa karya yang disajikan penulis pantas dibaca atau dijadikan referensi. Sebaliknya, prakata merupakan pengantar yang disajikan oleh penulis karya tersebut.
Pada bagian ini, penulis bisa memberi gambaran singkat mengenai karya tulis yang ia hasilkan. Penyajiannya harus dilakukan dengan variasi yang kreatif, agar tidak dianggap menjiplak bagian latar belakang masalah pada pendahuluan.
STRUKTUR DALAM LAPORAN ILMIAH
Pada dasarnya, laporan ilmiah dapat dikatakan sebagai bentuk singkat sebuah makalah penelitian. Hal ini terlihat dari bentuknya. Bila makalah mensyaratkan penyertaan daftar isi beserta daftar-daftar lain yang memang dibutuhkan, laporan ilmiah lebih ringkas lagi. Dalam sebuah laporan ilmiah, biasa disajikan dalam jurnal-jurnal penelitian, struktur sebuah tulisan ilmiah dapat mengikuti pola yang dikemukakan Soeseno (1982) berikut ini.
- Judul yang disertai nama penulis dan tempat tugas pekerjaannya.
- Abstrak yang menunjukkan intisari tulisan hasil penelitian yang hendak disajikan.
- Pendahuluan, yang sering berisi informasi latar belakang dan identifikasi masalah guna mengantar para pembaca ke arah masalah dan pemecahannya.
- Tubuh utama, yang berisi:
- bahan dan metode penelitian yang dipakai;
- uraian pelaksanaan dan tafsiran maupun rekaannya.
- Penutup, yang berisi:
- hasil penelitian dan pembahasan;
- ucapan terima kasih kepada mereka yang telah membantu terlaksananya penelitian.
f. Referensi berupa daftar pustaka yang telah digunakan dalam penelitian.
Pola di atas tidak sepenuhnya mutlak. Khusus dalam jurnal-jurnal ilmiah, masing-masing jurnal biasanya memberlakukan struktur penulisannya masing-masing. Informasi itu biasanya selalu disertakan dalam salah satu lembaran jurnal. Daftar Bacaan
Keraf, Gorys. 2004. "Diksi dan Gaya Bahasa". Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soeseno, Slamet. 1982. "Teknik Penulisan Ilmiah-Populer". Jakarta: Gramedia.
Sudaryanto. 2001. "Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis". Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Topik: Jenis-jenis Tulisan
KARYA ILMIAH
Definisi Penelitian
Ada beberapa pengertian penelitian yang disampaikan oleh beberapa ahli,
antara lain:
1. Pencarian sesuatu secara sistematis dengan penekanan terhadap masalah-
masalah yang dapat dipecahkan (Moh Nasir, 1999:14)
2. Pencarian pengetahuan dan pemberi artian yang terus menerus terhadap
sesuatu (Moh. Nasir)
3. Pencarian teori, pengujian teori, atau pemecahan masalah (Consuelo G.
Sevilla)
4. Aktivitas menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah
secara terancang dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru
yang terandalkan kebenarannya (objektif dan sahih) mengenai dunia alam
atau sosial (Sanapiah Faisal)
secara terancang dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru
yang terandalkan kebenarannya (objektif dan sahih) mengenai dunia alam
atau sosial (Sanapiah Faisal)
5. Rangkaian kegiatan atau proses mengungkapkan rahasia sesuatu yang
belum diketahui dengan menggunakan cara bekerja atau metode yang
sistematis, terarah, dan dapat dipertanggungjawabkan (Hadari Nawawi dan
Mimi Martini).
belum diketahui dengan menggunakan cara bekerja atau metode yang
sistematis, terarah, dan dapat dipertanggungjawabkan (Hadari Nawawi dan
Mimi Martini).
6. Upaya pemecahan suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah tertentu, teori dan rancangan, serta dilakukan secara sistematis.Sukidin dan Mundir (2005:5)
Pengertian Metode Ilmiah
•
Merupakan suatu pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh
pertimbangan-pertimbangan logis.
•
Metode Ilmiah adalah suatu cara utk.mencari ilmu pengetahuan yang
dimulai dari penentuan masalah, pengumpulan data yang. relevan, analisis
data dan interpretasi temuan, diakhiri dengan penarikan kesimpulan.
dimulai dari penentuan masalah, pengumpulan data yang. relevan, analisis
data dan interpretasi temuan, diakhiri dengan penarikan kesimpulan.
Kriteria Metode Ilmiah:
•
Berdasarkan Fakta
•
Bebas dari Prasangka (bias)
•
Menggunakan prinsip-prinsip analisis
•
Menggunakan hipotesis
•
Menggunakan ukuran objektif
•
Menggunakan teknik kuantifikasi
Ragam Penelitian
1. Penelitian ditinjau dari sudut tujuan dan fungsi
•
Penelitian eksploratif: yaitu sebuah penelitian yang bertujuan ingin
menggali secara luas tentang sebab-musabab atau hal-hal yang
mempengaruhi terjadinya sesuatu
•
Penelitian pengembangan, yaitu sebuah penelitan yang bertujuan
mengadakan percobaan dan penyempurnaan terhadap suatu masalah
•
Penelitian verifikas, yaitu sebuah penelitan yang bertujuan untuk
pengecek kebenaran penelitan lain
2. Penelitian ditinjau dari sudutpendekatan
•
Pendekatan bujur (longitudinal), yaitu sebuah penelitian yang berusaha
merekam atau mencatat suatu fenomena sebuah subjek secara berturut-
turut dan dalam waktu yang relatif panjang.
merekam atau mencatat suatu fenomena sebuah subjek secara berturut-
turut dan dalam waktu yang relatif panjang.
•
Pendekatan silang (cross-sectional), yaitu sebuah penelitian yang berusaha
merekam atau mencatat suatu fenomena dari sejumlah subjek secara
bersamaan dan dalam waktu yang relatif singkat.
merekam atau mencatat suatu fenomena dari sejumlah subjek secara
bersamaan dan dalam waktu yang relatif singkat.
3. Penelitian ditinjau dari jenis data
•
Penelitianku alitatif, yaitu penelitian yang membutuhkan data dalam
bentuk informasi, komentar, pendapat atau kalimat.
•
PenelitianKu antitatif, yaitu penelitian yang membutuhkan data dalam
bentuk angka-angka atau nilai, atau data dalam bentuk informasi, komentar,
pendapat, atau kalimat namun dikuantitatifkan.
bentuk angka-angka atau nilai, atau data dalam bentuk informasi, komentar,
pendapat, atau kalimat namun dikuantitatifkan.
Sikap yang harus dimiliki seorang peneliti
- Cara Berfikir
1. Berfikir Skeptis = menanyakan bukti terhadap suatu pernyataan.
2. Berfikir Analisis = mengkaji setiap pernyataan.
3. Berfikir Kritis = menggunakan logika menimbang.
2. Berfikir Analisis = mengkaji setiap pernyataan.
3. Berfikir Kritis = menggunakan logika menimbang.
TAHAP-TAHAP PENELITIAN
1. Tahap Perencanaan.
1.1. Penentuan dan Pemilihan Masalah
1.2. Latar Belakang Masalah
1.3. Perumusan dan Pengidentifikasian Masalah
1.4. Telaah Kepustakaan
1.5. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.6. Perumusan Hipotesis
1.7. Metodologi Penelitian
1.8. Penyusunan Administrasi Penelitian
1.2. Latar Belakang Masalah
1.3. Perumusan dan Pengidentifikasian Masalah
1.4. Telaah Kepustakaan
1.5. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.6. Perumusan Hipotesis
1.7. Metodologi Penelitian
1.8. Penyusunan Administrasi Penelitian
2. Tahap Pelaksanaan.
2.1. Pengumpulan Data
2.2. Pengolahan Data
2.3. Analisis Data
2.4. Penafsiran Hasil Analisis Data
2.2. Pengolahan Data
2.3. Analisis Data
2.4. Penafsiran Hasil Analisis Data
3. Tahap Pembuatan Laporan Penelitian
Ada 3 golongan pembaca laporan penelitian, yaitu :
1. Kalangan Akademisi
2. Sponsor Penelitian
3. Masyarakata Umum (biasanya dalam bentuk ringkasan)
1. Kalangan Akademisi
2. Sponsor Penelitian
3. Masyarakata Umum (biasanya dalam bentuk ringkasan)
MASALAH DAN HIPOTESIS PENELITIAN
A. Masalah Penelitian
Masalah Penelitian merupakan mata rantai pertama dalam proses penelitian,
tetapi tidak semua masalah dapat digunakan sebagai objek penelitian.
Sumber-sumber masalah penelitian :
a. Diri Sendiri, misal : Pengalaman pribadi.
tetapi tidak semua masalah dapat digunakan sebagai objek penelitian.
Sumber-sumber masalah penelitian :
a. Diri Sendiri, misal : Pengalaman pribadi.
b. Orang lain.
c. Sumber-sumber lain, misal : karya-karya ilmiah (skripsi, tesis dll.).
B.Hipotesis Penelitian.
Berasal dari bahasa Yunani hypo = sebelum; thesis= pernyataan.
Hipotesis merupakan jawaban atau dugaan sementara dari sebuah masalah
penelitian yang masih harus dibuktikan lagi (melalui penelitian) kebenarannya.
Hipotesis merupakan dasar pengumpulan data dan penarikan kesimpulan.
penelitian yang masih harus dibuktikan lagi (melalui penelitian) kebenarannya.
Hipotesis merupakan dasar pengumpulan data dan penarikan kesimpulan.
KARYA TULIS ILMIAH
Secara umum, sebuah karya tulis ilmiah terbagi dalam tiga bagian besar.
Bagian yang dimaksud ialah pendahuluan, isi, dan pembahasan. Meskipun
ketiganya merupakan inti dari sebuah karya, tentu saja masih dibutuhkan
penyemarak lain, yaitu prakata (bedakan dengan kata pengantar!), daftar isi,
daftar tabel/skema, bibliografi, dan lampiran. Tentu saja kelengkapan-
kelengkapan tersebut tidak semuanya mutlak disertakan. Masing-masing akan
dijelaskan di bawah ini.
Bagian yang dimaksud ialah pendahuluan, isi, dan pembahasan. Meskipun
ketiganya merupakan inti dari sebuah karya, tentu saja masih dibutuhkan
penyemarak lain, yaitu prakata (bedakan dengan kata pengantar!), daftar isi,
daftar tabel/skema, bibliografi, dan lampiran. Tentu saja kelengkapan-
kelengkapan tersebut tidak semuanya mutlak disertakan. Masing-masing akan
dijelaskan di bawah ini.
PENDAHULUAN
Seperti namanya, bagian ini memberikan gambaran mengenai topik
penelitian yang hendak disajikan. Aspek-aspek yang biasa disertakan pada bagian
ini diuraikan secara sederhana di bawah ini.
penelitian yang hendak disajikan. Aspek-aspek yang biasa disertakan pada bagian
ini diuraikan secara sederhana di bawah ini.
Latar belakang masalah
Pada bagian ini, penulis harus menguraikan apa yang menjadi
ketertarikannya pada objek yang diteliti. Oleh karena itu, kepekaan untuk
memerhatikan fenomena-fenomena yang mutakhir di bidang yang sedang
ditekuni menjadi kebutuhan. Tidak jarang, sebuah makalah atau skripsi mendapat
sambutan hangat karena membahas topik-topik yang sedang hangat.
ketertarikannya pada objek yang diteliti. Oleh karena itu, kepekaan untuk
memerhatikan fenomena-fenomena yang mutakhir di bidang yang sedang
ditekuni menjadi kebutuhan. Tidak jarang, sebuah makalah atau skripsi mendapat
sambutan hangat karena membahas topik-topik yang sedang hangat.
Satu aspek lain yang perlu dikemukakan pada bagian ini ialah tinjauan
pustaka. Peneliti perlu menyertakan beberapa penelitian yang relevan dengan
topik yang dikerjakan. Hal ini dilakukan agar memperjelas pembaca bahwa
penelitian yang dilakukan bukan mengulangi berbagai penelitian lainnya.
pustaka. Peneliti perlu menyertakan beberapa penelitian yang relevan dengan
topik yang dikerjakan. Hal ini dilakukan agar memperjelas pembaca bahwa
penelitian yang dilakukan bukan mengulangi berbagai penelitian lainnya.
Masalah dan batasannya
Dari fenomena yang menarik perhatian, penulis harus secara eksplisit
mengemukakan masalah yang hendak dibahas. Sebab pada bagian latar
belakang, masalah yang hendak dibahas biasanya tidak dikemukakan secara
eksplisit. Meski demikian, masalah yang hendak dibahas atau diteliti itu masih
harus dibatasi lagi. Hal ini dilakukan agar pembahasan tidak meluber luas kepada
aspek-aspek yang jauh dari relevan. Selain itu, pembatasan masalah penelitian
juga akan menolong dalam hal efektivitas penulisan karya ilmiah.
mengemukakan masalah yang hendak dibahas. Sebab pada bagian latar
belakang, masalah yang hendak dibahas biasanya tidak dikemukakan secara
eksplisit. Meski demikian, masalah yang hendak dibahas atau diteliti itu masih
harus dibatasi lagi. Hal ini dilakukan agar pembahasan tidak meluber luas kepada
aspek-aspek yang jauh dari relevan. Selain itu, pembatasan masalah penelitian
juga akan menolong dalam hal efektivitas penulisan karya ilmiah.
Tujuan dan manfaat
Kemukakan tujuan dan manfaat penelitian yang dikerjakan. Sedapat mungkin
dijabarkan keduanya, baik bagi lingkungan akademis maupun masyarakat secara
umum.
dijabarkan keduanya, baik bagi lingkungan akademis maupun masyarakat secara
umum.
Metode dan Teknik Analisa
Penentuan metode dan teknik menganalisis data juga akan menentukan hasil dari
sebuah penelitian. Metode harus dibedakan dari teknik. Mengenai keduanya,
Sudaryanto (2001) menyebutkan bahwa metode merupakan cara yang harus
dilaksanakan, sedangkan teknik merupakan cara melaksanakan metode. Sebagai
cara, tambahnya, kejatian teknik ditentukan oleh adanya alat yang dipakai.
Dalam ilmu linguistik, metode penelitian berkisar pada dua metode besar, yaitu
metode padan dan agih. Sementara tekniknya ada bermacam-macam. Tidak
semua metode perlu dan relevan untuk digunakan dalam menganalisa data
penelitian. Oleh karena itu, peneliti perlu berhati-hati dalam menentukan metode
dan teknik analisanya. Data penelitian yang diperoleh harus benar-benar
dicermati perilakunya.
sebuah penelitian. Metode harus dibedakan dari teknik. Mengenai keduanya,
Sudaryanto (2001) menyebutkan bahwa metode merupakan cara yang harus
dilaksanakan, sedangkan teknik merupakan cara melaksanakan metode. Sebagai
cara, tambahnya, kejatian teknik ditentukan oleh adanya alat yang dipakai.
Dalam ilmu linguistik, metode penelitian berkisar pada dua metode besar, yaitu
metode padan dan agih. Sementara tekniknya ada bermacam-macam. Tidak
semua metode perlu dan relevan untuk digunakan dalam menganalisa data
penelitian. Oleh karena itu, peneliti perlu berhati-hati dalam menentukan metode
dan teknik analisanya. Data penelitian yang diperoleh harus benar-benar
dicermati perilakunya.
Landasan teori / Kajian Pustaka
Sebuah penelitian tentu perlu memiliki dasar teoritis yang kuat. Namun, penulis
harus benar-benar teliti menentukan dasar teoritis yang akan mendukung
pembedahan masalah. Biasanya, bila sudah mengerti perilaku data yang
diperoleh, penentuan teori yang hendak dipakai akan lebih mudah.
harus benar-benar teliti menentukan dasar teoritis yang akan mendukung
pembedahan masalah. Biasanya, bila sudah mengerti perilaku data yang
diperoleh, penentuan teori yang hendak dipakai akan lebih mudah.
ISI
Setelah merampungkan bagian awal tadi, penelitian pun dapat dilanjutkan
dengan lebih bergumul dengan data yang telah diperoleh. Sub dari bagian isi
(biasa disebut juga subbab karena bagian isi umumnya dianggap sebagai bab
yang mandiri) biasanya tergantung ruang lingkup masalah. Bila masalah yang
hendak dibahas terdiri dari tiga butir, sub bagian isi bisa menjadi tiga. Jangan
sampai empat apalagi lima, mengingat pada bagian isi, penulis harus melakukan
analisa berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada bab pendahuluan.
dengan lebih bergumul dengan data yang telah diperoleh. Sub dari bagian isi
(biasa disebut juga subbab karena bagian isi umumnya dianggap sebagai bab
yang mandiri) biasanya tergantung ruang lingkup masalah. Bila masalah yang
hendak dibahas terdiri dari tiga butir, sub bagian isi bisa menjadi tiga. Jangan
sampai empat apalagi lima, mengingat pada bagian isi, penulis harus melakukan
analisa berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada bab pendahuluan.
PENUTUP
Sebagai penutup, pada bagian ini peneliti harus memberi simpulan dari hasil
penelitiannya. Simpulan tersebut harus disajikan secara sederhana dan singkat.
Tujuannya agar pembaca bisa lebih menangkap hasil penelitiannya secara
ringkas.
Salah satu bagian yang tampaknya masih banyak digunakan sebagai sub-bagian
dari penutup ialah saran. Sejumlah departemen pada sejumlah perguruan tinggi
belakangan ini mulai menghapus bagian tersebut. Sederhananya, sebuah
penelitian mensyaratkan sebuah penelitian lanjutan, entah untuk menyanggah
atau menguatkan hasil penelitian terdahulu.
penelitiannya. Simpulan tersebut harus disajikan secara sederhana dan singkat.
Tujuannya agar pembaca bisa lebih menangkap hasil penelitiannya secara
ringkas.
Salah satu bagian yang tampaknya masih banyak digunakan sebagai sub-bagian
dari penutup ialah saran. Sejumlah departemen pada sejumlah perguruan tinggi
belakangan ini mulai menghapus bagian tersebut. Sederhananya, sebuah
penelitian mensyaratkan sebuah penelitian lanjutan, entah untuk menyanggah
atau menguatkan hasil penelitian terdahulu.
Materi Karya Ilmiah
Download this Document for FreePrintMobileCollectionsReport Document
Info and Rating
dari tujuan
data metode
pembahasan metode
penjelasan
atau karya
kelompok ilmiah
ilmiah pengertian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar